Resep Daging Sapi Semur

Resep Daging Sapi Semur
Resep Daging Sapi Semur

Resep Daging Sapi Semur

Bahan / Bumbu :

Daging sapi sebanyak 500 gram. Lakukan perebusan sebentar dengan tujuan menghilangkan kotoran yang terdapat dalam daging tersebut
8 siung bawang merah
Tomat 1 buah
Cabe merah sebanyak 5 potong
Jahe yang panjangnya sekitar 4-5 cm dan sudah dibersihkan
3 buah kemiri
2 batang serai
Merica halus ½ sdt
5 buah cengkeh
Pala bubuk sekitar ½ sdt
Garam sekitar kurang lebih ½ sdt
Kecap manis 100 ml
Siapkan juga air bersih yang nantinya digunakan untuk kaldu sekitar 1 ½ liter
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat :

1.Yang pertama harus dilakukan adalah memotong daging sapi sesuai dengan ukuran maupun selera yang diinginkan. Setelah itu rebuslah daging yang telah dipotong didalam panci yang berisikan air.
2.Sembari menunggu daging yang direbus tadi menjadi lunak, sebaiknya menyiapkan bumbu-bumbu seperti menghaluskan campuran bawang merah, tomat, kemiri, jahe, bawang putih, dan juga sisakan tomat untuk tumisan.
3.Setelah bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan siap, masukan bumbu-bumbu tersebut ke dalam penggorengan yang sudah disiapkan dengan minyak goreng yang secukupnya saja, lalu tumis bumbu-bumbu tersebut dengan menggunakan api berukuran sedang. Aduk hingga menghasilkan aroma yang sedap dan harum. Disamping itu, tuangkan serai, pala bubuk, cengkeh, garam dan merica ke dalam racikan tumisan yang tadi sudah dibuat. Aduk campuran tumisan tersebut secara merata sampai bahan-bahan yang ada tersebut tercampur rata.
4.Di sisi lain, daging yang tadi masih dalam proses perebusan angkat dan juga tiriskan. Lalu masukan daging tersebut ke dalam campuran racikan tumis dan aduk secara merata hingga semua bahan bercampur. Setelah itu, masukan daging yang sudah dicampurkan dengan racikan tumis beserta bumbu tumisan ke dalam air kaldu hasil rebusan awal daging tadi sampai dagingnya terasa lebih lunak. Aduk hingga daging benar-benar terasa lunak.
5.Tambahkan garam dan juga kecap manis lalu aduk kembali. Dan yang terakhir dan sangat krusial adalah mencicipi masakan tersebut, jika ada yang kurang bisa juga ditambahkan dengan garam ataupun juga bisa dengan kecap secukupnya. Dan juga harus dipastikan bahwa daging yang tadi dimasukkan ke dalam air kaldu sudah terasa lebih empuk dan air tersebut sudah menyusut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment